Mama ku,paling hebat sedunia!


Setiap orang pasti akan bilang kalo Mama / Ibu / Mami / Umi-nya paling hebat sedunia. Makanya saya bikin tulisan ini sebagai ucapan terima kasih & penghargaan untuk Mama.

Mama ku,nama lengkapnya Ninin Hasanah. Lahir di Karawang, 18 Agustus 1964. Mama anak pertama dari 6 bersaudara. Mama lahir di karawang, karena ketika itu Ayahnya Mama (Kakek ku, Alm. R. Tohir Yusuf Wiranatanegara) menjabat sebagai Kepala Kantor Pos Karawang. Karena jabatannya sebagai kepala kantor pos, Aki sering berpindah tugas. Ketika Mama sekolah SMA,  keluarganya pindah ke Solo karena Aki di tugaskan di kantor pos Solo. Mama memang sudah dilatih mandiri dari kecil. Dan itu jelas terlihat sampai sekarang. Mama adalah sosok wanita tangguh yang aku kagumi. I wish i will be…..

Mama mengajarkan “walaupun kita perempuan,tapi kita ngga boleh lemah. Jangan juga terlalu bergantung sama laki-laki. Kamu harus punya keahlian.Kenapa?Nih ya contohnya. Kalo kamu ngga terbiasa kerja keras atau kamu males & ngga bisa ngapa-ngapain,suatu saat kamu nikah,punya anak,dan Wallahualam,suatu saat kamu dapet musibah,suami kamu kecelakaan & ga bisa kerja lagi,atau meninggal,kamu mau gimana??bergantung hidup sama siapa??”

Mama adalah wanita karier. Mama kerja di sebuah perusahaan kosmetik yang cukup ternama,di Laboratorium QC. Dunia Mama sama dunia ku memang sama. Dunia Analis. Karena Mama juga aku mau masuk Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO),disaat temen-temen ku berlomba mencari SMA,aku malah masuk SMAK. Karena Mama dulu juga alumni SMAKBO (,”)

Tapi walaupun kerja, Mama ngga pernah lupa sama tugasnya sebagai ibu. Pagi buta jam setengah 4,Mama udah bangun buat bikinin sarapan untuk aku (baca : untuk bekel sarapan & makan siang ku di kantor),dan untuk adik-adik sarapan & makan siang di rumah. Karena kami ngga pake jasa pembantu sejak 4 tahun lalu,jadi praktis hampir semua pekerjaan rumah dikerjakan sama Mama (aku & adik-adik juga membantu sedikit). Aku berangkat kerja jam 5, setelah aku berangkat, Mama akan sangat repot mengurusi adik ku si kembar Dika & Anin yang sekarang duduk di kelas 2 SMA. Selepas adik-adikku berangkat,Mama akan mulai dengan cuciannya. Setelah itu, Mama akan bergegas siap-siap mandi & berangkat kerja.

Pulang kerja, Mama akan langsung siaga ke dapur & membuat makan malem. Kalau lagi cape,biasanya Mama akan tanya kita satu per satu mau makan apa,dan…..”yawda,beli aja sana ke depan….” heheheheh  khas ibu-ibu banget ya. Malemnya,Mama akan mengontrol pelajaran adikku sambil sesekali maen game Zuma,Online Facebook,atau asik sama Gameboy favoritnya. Karena aku pulang kuliah malem sekitar jam 10/setengah 11, Mama pun ngga akan tidur sebelum denger aku masuk ke rumah (Mom,ur so wonderwoman!)

Mama sekarang lagi tergila-gila maen gameboy. Sampe niat mau beli PSP & XBOX (maaaaaaaaahh gaul amat sih??). Kadang Mama suka cerewet kalo hari libur anak-anaknya males-malesan. (I know,kalo hari libur justru saatnya Mama istirahat dari ‘tugas-tugasnya’.

Kalo ada sesuatu sama anak-anaknya,Mama akan bilang “Mama tuh sebenernya udah tau….ngga perlu kamu kasih tau…” . Hahahaha Mama emang ngga bisa diboongin. Segala hal detail Mama akan tau. Termasuk soal ‘perasaan’. Maklumlah,anak pertamanya ini kan udah diatas 17 taun,udah cukup umur lah untuk diajak ngomong soal ‘hati’.

Mama memang bawel,tapi itu semua demi anak-anaknya juga. Mom,you’re the best i ever had.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s