Kebersamaan di SeBUAI


Awalnya masih pada malu-malu karena baru kenal. Itupun karena aku ‘paksa’ untuk pada terlibat di kegiatan SeBUAI. Arief, yang emang udah sobat dari SD, tiap malem minggu aku tarik ke rumah buat nemenin bikin proposal,konsep kegiatan,tiap minggu anter jemput wara-wiri kegiatan SeBUAI. Pokoknya,kalo ada apa-apa ya Arief yang jadi tameng ku buat nganter kesana-kesini. Selain Arief,otak awal berdirinya SeBUAI juga ada Pa Harun yang ngebimbing & ngebuka jalan.

Pionir awal setelah arif & Pa harun, ada Mas Wahid, Anggri, sama Fai yang dipaksa sama Mama ku buat ikut kegiatan ini. Mereka bertiga itu anak buah Mama ku di kantor. Hehehe thnx a lot Mom😉 . Terus ada Putri, yang ini mah soulmate ku. Dulu bareng-bareng sekolah di Bogor, terus satu kampus, dan sekarang satu tempat kerja😉. Ada Ka Joko,temen kerja di kantor yang lama,yang aku paksa juga buat ikutan. Ada Nake,temen SMP yang tertarik ikut karena liat di FB. Ada dimas, yang dipaksa ikut karena Putri aku paksa ikut. Ada Edi & Lia yang ikutan di SeBUAI setelah ketemu di amprokan blogger. Kiki & Pita,yang ikut karena promosinya Arief. Ade kembar ku pun ngga lepas dari acara ‘pemaksaan’ ikut di SeBUAI. Amprokan di SeBUAI, awalnya ngga kenal siapa kamu,siapa dia. Ngobrol masih seperlunya. Bingung mau ngomongin apa. Yang ada cuma sekedar basa-basi aja.

Lama kelamaan,karena saking seringnya ketemu (bayangin,tiap sabtu minggu ketemu selama hampir 5 bulan!) yaa dari malu-malu malah jadi malu-maluin. Tadinya cuma sekedar basa-basi,jadi akhrinya ngerasa saling memiliki. Bahan obrolan pun ngga cuma soal kegiatan SeBUAI aja. Udah mulai pada terbuka soal pribadi. Dari curhat,sampe ngeledekin salah satu dari kita secara berjamaah. Kadang, diluar ‘jam kerja’ SeBUAI pun,kita tetep ngerasa kedekatan itu ada. Entah SMS-an,entah chat di FB,nah yang lagi trend tuh sekarang chat conference di YM. Yang di bahas,ngga melulu masalah SeBUAI. Kadang-kadang lebih banyak ngobrol soal lagi apa,mau apa,terus bergosip deh & gila-gilaan.

Makan-makan di Hanamasa (walaupun judulnya di traktir mendadak sama Pak Walikota), nge-bolang ke Babelan yang jauh nian,merumput di pinggir kalimalang,karaokean sampe ngga berenti ketawa,bergila ria di acara fun day,hangout bareng di foodcourt BCP. Ah,banyak lagi kebersamaan antara temen-temen SeBUAI. Ngga melulu soal kita dropping buku,atau bikin event,ngegodok proposal,bikin surat-suratan (dari mulai undangan sampe surat perijinan),baksos ke tempat korban banjir Karawang. Terlepas dari itu semua,yang terpenting adalah gimana menyatukan hati & pikiran kita. Sama-sama menjaga komitmen bahwa apa yang kita lakuin murni untuk pendidikan anak-anak,terutama yang berasal dari kalangan ngga berpunya.

Walaupun kadang,ngga bisa full team karena banyak yang punya kesibukan masing-masing. Gesekan internal juga pasti ngga bisa dihindari. Sampai kadang harus one men show (lebih tepatnya one women show,karena kadang aku ngelakuin sendiri) atau kadang cuma berdua sama Arief. Kadang untuk beberapa moment cuma hadir 2-4 orang. Tapi itu ngga mengurangi semangat & niatan kita untuk to do more.

Apalagi kalau liat gimana anak-anak itu tersenyum saat kita dateng. Ngeliat mereka excited banget baca buku cerita/majalah anak-anak. Ngedenger mereka nyanyi lagu yang emang lagu untuk anak-anak. Ngeliat muka polos mereka cerita. Ngedenger mereka setengah memaksa ngajak kita main,walaupun kitanya udah ngga kuat ngimbangin atraktifnya mereka. Senyum mereka,itu pe-er buat kita.

Dan semoga kebersamaan ini bukan untuk sesaat. Tapi bagaimana kita bisa terus ngejaga kedekatan hati,kedekatan emosional,ngejaga niatan awal kita & komitmen kita untuk terus berbuat supaya anak-anak yang ngga mampu juga bisa ‘melihat dunia’.  Terus berkembang & bersinergi dengan lingkungan sekitar. Agar apa yang kita lakukan bukan cuma sekedar cerita manis sesaat.

Terima kasih untuk team SeBUAI yang sampai hari ini masih tetap setia berdiri bersama. Terima kasih buat pengertian & kerjasamanya. Apa yang kita lakukan belum apa-apa. Masih banyak PR di depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s