Skype


Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungitelepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost(P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Keunggulan

  1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit . Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
  2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
  3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.

Kualitas suara yang lebih baik

Dalam hal kualitas suara yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya yang tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya yang mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan pengaplikasian yang mudah oleh siapapun.

Mudah digunakan

Dengan perangkat yang mudah digunakan dan bukan mempersulit pengguna, skype dibuat sesederhana mungkin – semua orang yang dapat menggunakan aplikasi Windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC), Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Pocket PC, Mac OS X and Linux .

Kekurangan

  1. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak meggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.
  2. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10- 15 MB.
  3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.

Artikel tentang Skype diatas saya copas dari sini.

Kenapa jadi tiba-tiba ngomongin Skype?Saya bukan orang yang bener-bener melek teknologi,dalam artian update sama hal-hal berbau gadget atau teknologi. Kalaupun saya terlihat sering online di Yahoo Messenger & Facebook itu semata-mata untuk menghilangkan rasa bosan di kantor. Lebih sering lagi,keduanya cuma di Online-in aja, sementara sayanya entah dimana (maklum,masih kuli yang harus menuruti perintah juragan).

Biasanya,kalau mau chat sama temen,lebih sering via YM atau facebook aja. Sampai suatu saat,temen saya ‘meracuni’ saya untuk menginstall Skype. Katanya,chat pakai Skype lebih enak. Kalau mau voice call,lebih jernih & lebih jelas daripada di YM. Pun,kalau mau webcam-an. Ok,saya langsung coba. Sampai saya beli headphone juga! Dan ternyata,emang asyik. Kita juga bisa search skype users dari Indonesia ataupun dari negara-negara lainnya.

Di hari pertama saya punya akun Skype,banyak yang add saya jadi temen. Kebanyakan mereka orang Turki,Prancis,Amerika,tapi diantara yang bule-bule itu,nyangkut juga tuh orang Bandung.  Temen-temen saya pun langsung sayanracunin supaya pada bikin akun Skype. Hahahah sepertinya saya kena nih di ‘jebak’ sama temen saya. Gara-gara Skype,saya & temen-temen call conference malem-malem. Gaya banget deh….saking males ngetiknya.

Sebenernya,YM atau Skype sama aja. Tergantung kebutuhan. Kalau memang seneng voice call,Skype sepertinya jadi pilihan lebih baik daripada YM.

14 thoughts on “Skype

  1. ndey says:

    aiiiiiiiiiiiiiiih, 1-2taun lalu gw pnah nginstall skype.. tp malah jd seonggok sofware ya tak terjamah.. cz bingung gmn makenya.. n mw konek ma syp… secara pada jaman itu… rata2 org masi pada pake YM.. but tengs bwt infonya.. jd mw donlod lg ni ah.. kali aja bermanpaat tu si skype… btw, rakomen tmen2 nya dong bwt ng-add skype gw.. hahahahaahah jd promosi (syp tw aj ketemu jodoh)

  2. fadel says:

    plen aku mau dwnload skype tapi yang paling bagus tuh.. yang mana,??
    soalnya ada bermacam2 sih,,, tolong ya di bantu,, salam kenal N sukses selalu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s