Mahalnya Sebuah “Kebersamaan”


Kebersamaan adalah perasaan dekat dengan orang lain secara emosional dan fisik. Kebersamaan secara fisik artinya,secara nyata berada dekat & bertatap muka. Kebersamaan secara emosional adalah keterikatan secara emosi,atau lebih kerennya ya ikatan batin,walaupun ngga bertatap muka langsung.

Kebersamaan menjadi mahal,bahkan sangat mahal ketika jarak & waktu menjadi kendala. Bukan cuma persoalan Jarak & waktu aja sih. Kesibukan / kegiatan juga bisa jadi kendala. Ini yang aku rasain. Kebersamaan dengan keluarga menjadi barang langka buat ku. Walaupun tinggal seatap sama Mama,Papa & Adik-adikku,tapi kebersamaan dengan mereka bisa dihitung dengan jari. Secara,aku berangkat pagi buta saat adik-adikku masih tidur,kalaupun ngobrol sama Mama & Papa,itu juga dalam waktu singkat. Aku pulang udah larut malam karena kuliah,adik-adikku udah tidur. Mama ku paling cuma nunggu sampai aku masuk rumah,habis itu tidur. Sabtu Minggu,sekarang ada kegiatan SeBUAI. distribusi,event,rapat. Jadi praktis waktu buat di rumah berkurang juga. Ngumpul sama keluarga besar juga jarang.

Senin-Minggu,24 jam sehari,sepertinya kurang (bukan berarti ngga bersyukur nih….). Semakin tambah umur,semakin banyak keinginan kita,akan semakin banyak juga tanggung jawab kita. Keluarga,Pekerjaan,Kuliah,Teman,Sahabat,Kegiatan Sosial,dan Orang terkasih. Betapa semua itu perlu dijaga. Rasanya dijaga,kualitasnya dijaga. Jawabannya?Ya Kebersamaan. Ngga cuma secara fisik. Tapi juga secara emosional. Bukan masalah seberapa sering,tapi mari kita bicara kualitas.

Sama Mama,Papa & adik-adik kan jarang bisa amprokan bareng. Tapi sekalinya ada waktu buat kumpul,semuaaa keluar deh ceritanya. Dari yang enak sampai yang bikin enek. Dari kabar baik sampai kabar ngga baik. Sama keluarga besar juga jarang kumpul,tapi sekalinya kumpul,akan banyak cerita dari sana. Contohnya,awal Juni kemarin Kaka Sepupu ku (anaknya Kakanya Papa) nikah,otomatis,semua keluarga terlibat. Yang tadinya jarang ketemu,pas ketemu langsung banyak cerita. Berasa gitu kalau kita tuh saudara. Terus,gara-gara Piala Dunia juga,jadi asik saling komen,saling ledek di status facebook. Begitu juga sehari-hari,karena susah ketemu,paling ya cuma lewat facebook. Sekedar nyapa lewat chat box atau wall sama tante,Om,atau sepupu.

Sama temen-temen SeBUAI,ketemu cuma sabtu/minggu. Atau malah ngga sama sekali. Makanya,kebersamaan itu kita bangun lewat komunikasi intens. Chat,Wall Post di facebook,YM,atau Skype. Dan yang pasti sih JarKom via SMS. Walaupun belakangan ini kerasa ngga efektif juga ya (where are you,guys????). Dan guess what?lewat facebook juga,aku dapet temen baru. Adik-adik kelas ku yang rajin nyapa,menyemangati,kadang sharing,komen di status,komen di notes yang ku tulis (tengkyu Special buat Ila,Rara,Wulan yang rajin sekali menemani aku).

Ngomong-ngomong soal facebook,dari situ juga aku ketemu si Aa. Karena kebetulan si Aa ini dulunya kaka kelas waktu SMAKBO,jadi ya otomatis jadi fren lah di facebook. Awalnya chat,tanya-tanya soal SeBUAI,terus intens ngobrol,dan akhirnya………yaaaa gitu deh (malu akuh). Waktu buat ketemu sama Si Aa juga terbilang jarang. Karena kita sama-sama kerja,sama-sama kuliah. Ketemu cuma bisa Sabtu/Minggu. Tapi sebisa mungkin kita bikin kebersamaan,walaupun ngga secara fisik. Caranya?SMS,Telfon,atau Chat.

Dan buat ku,betapa kebersamaan terasa mahal & sangat berarti. Berada di tengah keluarga,berada di dekat orang yang kita sayang,berada di antara sahabat,dan berada di dekat orang-orang yang menghargai kita merupakan sebuah energi. Kebersamaan memberikan kita kekuatan,memberikan kita inspirasi. Kebersamaan adalah sebuah anugerah yang dikasih sama Tuhan,karena kita masih dikasih kesempatan buat ngeliat orang-orang yang kita sayang,yang kita kasihi tersenyum,menangis,dan bercerita.

Dan disaat jenuh,disaat kehilangan semangat,Kebersamaan dengan orang-orang yang kita sayang menjadi jawaban buat memberikan suntikan semangat.

“God,give me more power to do more,,,,,,Give more strength for keep this togetherness,,,,,”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s