Catatan Dari Ruang Ujian


Sebenernya,ini adalah unek-unek yang aku ngerasa mesti dikeluarin daripada gondok sendiri.

Tepat jam 18.30 pengawas ujian masuk & ngebagiin soal ujian. Di kertas soal tertulis Metodologi Penelitian, Sifat : CLOSE BOOK. Oke, dengan membaca Bismillah terlebih dahulu & dengan konsentrasi penuh, aku mengerjakan 10 soal Essay yang perintahnya Sebutkan & Jelaskan.

Kira-kira setelah ujian mulai 15 menit, masuk seorang mahasis….mmm….mahasiswa apa mahasiswi ya??ah apa ajah lah….dia mengambil tempat persisi di bangku sebelah ku. And guess what??baru aja dia duduk & liat soal, tiba-tiba dia ngeluarin handphonenya…dan…dan apa???HANDPHONENYA ITU SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN FILE BAHAN UJIAN YANG BENTUKNYA PPT (POWER POINT)!!!!!!!!!!

Aku sempet shock juga liat kejadian itu di depan mata. Kesel,marah,bête campur aduk jadi satu. Bukan mau sok suci atau sok alim ya. Tapi plis deh….apa yang dia lakuin tuh ngga banget. Kenapa?

  1. Dia mencontek terang2an dengan memasukan bahan ujian ke handphonenya padahal jelas2 ujiannya closebook yang artinya ngga boleh liat/buka materi sama sekali (tau deehh handphonenya canggih sampe bisa nyimpen file dgn format pdf & ppt >> handphone gw juga bisa kaleeeee…norak lu!)
  2. Baru duduk beberapa detik langsung buka contekan??? (itu mah emang diniatin mau nyontek aka NGGA ADA DAYA JUANG SAMA SEKALI….jelas2 ujian kali init uh close book….kenapa juga ngga belajar???ga ada waktu?? Ha a ha el lo o HALOOOOO aku & temen2 yang lain juga ngga sempet belajar maksimal karena memang waktunya ngga cukup,karena harus sambil kerja…tapi paling ngga,ya usaha dikit kek ngapalin atau baca2….bukannya masuk ruang ujian,duduk & VOILLA!!! Langsung buka contekan)
  3. Apa yang dia lakuin itu ngga FAIR!!!! (orang lain mah ya belajar,ada usaha walaupun sedikit buat ngapalin…..eeehhh dia dengan seenake dewek mau dapet cara instan…trus, nilainya lebih bagus karena NYONTEk >> belum tentu juga sih nilai lo lebih bagus dari gw, karena Allah tau lo pake cara ngga halal )

Aku sempet pura2 batuk. Maksudnya supaya menarik perhatian pengawas ujian yang ada di depan pintu supaya Si Oncom ini ngga bisa nerusin kegiatan ‘menconteknya’. Tapi yah, pengawasnya rada-rada juga nih….malah asik ngobrol di depan pintu. Si Oncom ini sempet juga nengok kearah ku. Aku pura2 aja ngga ‘ngorangin’ dia >> ngga nganggap dia orang,jadi di anggap apah dong???

Ya, mungkin tiap orang juga pernah ngelakuin hal kayak gini. Maksudnya, nyontek sama temen, nanya jawaban ke temen kalo pas lagi kepepet. Tapi plis deh, kalo sampe nyontek langsung ke sumber materi apalagi baru beberapa detik masuk ruang ujian & melakukan itu dengan tanpa rasa dosa & rasa bersalah,itu mah kebangetan namanya. CURANG!!!!!!!!!! Orang lain berjuang semaksimal mungkin,eehhh dia dengan seenaknya aja pake cara2 licik kaya gitu. Hargailah orang lain. Dan setidaknya,berdaya juang lah sedikit buat ngadepin ujian. Mungkin sebagian dari kalian akan menanggapi hal ini dengan “ya elah….hak orang kali ah mau nyontek juga….” Ya silahkan lah menanggapi dengan cara apapun. Aku cuma sekedar mengeluarkan unek-unek.

Maaf ya kalo tulisan ini bernada esmosi. Semoga bisa jadi pelajaran & bahan sharing sama temen-temen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s