Dari Hotel Berbintang ke Pemukiman Padat Penduduk


Awalnya rada bingung mau dikasih judul apa tulisan ini. Bukan karena ngga tau apa isi tulisan ini. Tapi karena banyak pertimbangan supaya tulisan ini menarik bagi orang lain, walaupun hanya ngeliat judulnya secara sekilas, bukan karena siapa yang nulis (ceileeehhh gaya banget si ady….udah berasa iye deh ah). Ngga deh, just kidding.

Jadi, cerita di hari Sabtu ini berawal ketika aku mengiyakan buat dateng ke undangan Kopdar Kemenlu RI & Blogger Bekasi yang isinya tentang sosialisasi piagam ASEAN, yang kalo liat judulnya sih kayaknya kelas berat ya. Aku mau dateng sih karena pingin ketemu temen – temen BeBlog karena udah lama ngga ketemu sama mereka, itung – itung refreshing. Acara seminar diadain di Hotel Horison Bekasi jam 9 pagi. Setelah maen tunggu – tungguan sama Mba Irma & Mba Ratu, jam 09.40 kita registrasi & masuk ke ruang seminar. Secara ngga resmi, ada penerima tamu gadungan, yaitu Ilham si anggota Ibote.

Sesi pertama diisi pemaparan tentang piagam ASEAN & seluk beluk kerjasama ASEAN. Aku, Mba Irma, Mba Devi, Mba Ratu  & ‘temennya’ Mba Ratu duduk di barisan belakang. Sambil ngedengerin Bapak – Bapak pembicara dari Staff Kemenlu yang di moderatori sama Pa Amril, kita nih ibu – ibu sibuk foto – foto (cirri khas blogger : NARSIS), ngicip coklat & kacang tester jualannya Mba Ratu (dan finally, kita pesen juga buat lebaran…hihihihi). Jam 11.30 sesi pertama selesai & saatnya coffe break. Langsung deh menyerbu meja prasmanan. Sepotong Sandwich & Pie buah plus secangkir kopi susu jadi ‘pengganjal’ perut di jam yang seharusnya udah masuk jam makan siang.

Selepas coffee break, masuk seminar sesi ke 2 dimana pembicaranya adalah Pepih Nugraha, blogger senior dan administrator Kompasiana (two thumbs up for him) yang masih dimoderatori oleh Pa Amril (two thumbs up too for him). Sesi ini tampak lebih ‘fresh’ dibanding sesi pertama. Dengan gaya yang santai Mas Peppy ngebahas peran blogger untuk eksis menjadi blogger Asean. Pas sesi Tanya jawab di mulai, aku pingin nanya tapi malu, deg – degan. Eh Mba Ratu sama Mba Devi malah memprovokatori buat maju jadi penanya. Malahan Mba Ratu bilang “yawda, Ady maju sana….nanti aku fotoin”. Walah….ciloko!!! Akhirnya, sambil deg – degan & panas dingin, aku angkat tangan untuk member isyarat. Setelah dipersilahkan maju sama Bapak Moderator, aku maju. Kontan, gerombolan Ibote yang ada 2 baris di depan meja ku berteriak “wiiissss”. Dan ini nih yang bikin pertanyaan di kepalaku yang udah aku hapalin tadi buyar. Pa rawi, Pa Eko, Mba Ratu, Mas Ferdi dan beberapa orang  yang lain langsung mengarahkan kamera ke hadapan ku. Waduuuhhh makin nervous aja deh. Pa Amril & Mas Peppy di podium malah sempet – sempetnya ngetawain aku. Haduuhhh opo iki.

Hasil jepretan Pa Eko, Mas Ferdi & Mba Ratu yang saya ambil dari Facebook

Seminar beres, dilanjut dengan makan siang & para peserta bubar jalan setelah ngambil sertifikat di meja registrasi. Begitu mau pulang. Di ‘culik’ dulu sama Pa Rawi & Pa Aris buat ikut rapat persiapan ulang tahun BeBlog (maaf ya, isi rapat harus dirahasiakan supaya SURPRISE). Selesai rapat, aku buru – buru pulang karena harus rapat lagi sama Pa Harun jam 5. Sampe rumah, nyempetin upload foto – foto dulu. Setelah mandi & ganti kostum, berangkatlah ke Breaktime Café di Kemang buat ketemu Pa Harun & Pa Nyoman dari Alfamart buat koordinasi acara buka puasa bersama & pemberian bantuan besar – besaran dari Alfamart untuk perpustakaan yang jadi partner SeBUAI.

Satu yang menarik dari pertemuan di Breaktime ini, setelah beres ngomongin acara tanggal 14, aku ngobrol santai bareng Pa Nyoman & Arief. Dari hasil ngobrol – ngobrol santai itu aku kayak dapet ‘pengisi hati’. Dari mulai ngobrolin tentang manajemen perpustakaan, tentang ekonomi sampe celetukan Pa Nyoman “wis toh dy, malem minggu ko malah keluyuran sana sini…lah kapan waktu buat cari pacar?”.  Waduhhhh langsung senyum – senyum gimanaaa gitu dengernya. Tengkyu Pa buat obrolan ringan tapi berisi.

Dari Breaktime, langsung cabut ke tempatnya Pa toni di belakang BTC. Sumpah ngga boong, si Arief bawa motornya udah kaya the flash aja. Ngebut, nyalip – nyalip sampe-sampe yang aku liat tuh Cuma sekilasan lampu motor aja saking kencengnya. Sampe disana, anak – anak lagi pada latihan nyanyi buat acara 17-an. Aku & Arief ngobrol sama Pa Toni, dapet laporan juga kalo pas pembagian rapot bulan juni kemaren anak – anak didik disini pada dapet ranking semua. 10 besar. Waaawww hebaatttt!!!

Tapi ada cerita yang bikin miris & pingin marah juga. Ada seorang anak yang dikeluarin sama gurunya karena ketawan ngamen. Padahal, dia ngamen itu atas kemauannya sendiri buat bantu bapak & ibunya yang juga pengamen. Ada juga anak yang dikeluarin dari sekolah karena ngga mampu beli buku pelajaran. Lagi, ada anak yang dikeluarin dari sekolah karena ngga mampu beli baju olahraga. Halloooo….apa kabarnya ya Dana BOS dsb dsb itu??? Ko masih ada aja hal – hal kayak gini. Duuhhh Bapak, Ibu Guru yang terhormat, serta Bapak Kepala Sekolah yang bijaksana, tolong lah jangan hak orang yang ngga mampu masih kalian tilep juga, jangan juga lah berbuat ngga adil seperti ini. Hallooo Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, lihat donk nih kejadian nyata kayak gini…kan katanya kerja kalian berat, tugasnya banyak, makanya gajinya gede, dapet fasilitas mewah ini itu, sampe – sampe sering tidur pas sidang & membolos, masa hal kayak gini aja ngga bisa kalian tanganin???

Hmmmm…..perjalanan panjang di hari Sabtu. Nyampe rumah udah tinggal cape aja. Berharap di rumah disambut Mama sama Papa. Ngga taunya, Papa lagi rapat RW, Mama lagi nengokin orang sakit, Ade ku yang cowo lagi maen keluar, ade ku yang cewe lagi asik online. Waduuhhhhh nasib….nasib….mesti ngapelin laptop sama blog ini mah ceritanya. Dan lahirlah tulisan ini.

5 thoughts on “Dari Hotel Berbintang ke Pemukiman Padat Penduduk

  1. ilhammi says:

    horeee.. Pertamax..

    hushh,, oraaaa sopaan km,,
    masa aku di panggil penyambut tammmuuu gadungann,,,
    hahaha,,

    km aja marah,,apa lagi saiia yg ngebaca !!!
    itulah mnusia Indonesia,,blom ada hukuman ya blom kapook,, tpi di akhirat nanti akan di perhitungkan !!!

    like this !!!

  2. Winny says:

    Assalamu’alaikum mb.Ady🙂
    Kita temenan lho di FB tapi aku jarang menyapa mb.Ady maaf yaa, temenan jg sm mb.Irma, ternyata kalian sahabatan ya malah satu komunitas di Beblog wah hebat.
    Baru aja “dengerin” mb.Ady cerita kegiatan hr Sabtu kemarin, seru jg. Mdh2an dunia pendidikan di Indonesia bisa diselamatkan dr hal2 tdk profesional spt diceritakan mb.Ady ya, amiin.

    • Adyanti Rahmarina says:

      Waalaikumsalam Mba Winny,,,

      makasih sudah mau berkunjung ke blog ku,,,,

      Iya mba, mudah2an dunia pendidikan Indonesia bisa lebih baik…aku udah sering banget liat ketidakadilan kaya gini….jadi sakit hati deh ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s