Journey to Merapi-rasakan lebih dekat


Menyambung cerita Gud Morning Jogja, jam 9an kami bergerak menuju Jl. Raya Magelang Jogja. Sepanjang jalan, debu memang tebal sekali. Semua yang kami lewati jadi berwarna abu-abu. Sewaktu mengisi bensin di SPBU, terlihat visual merapi dengan asapnya. Cantik sekali.

Kami memasuki tempat pengungsian di SMKN 1 Salam,yang kemarin sempat ramai di twitter katanya belum tersentuh bantuan. Sampai sana sudah ada beberapa rombongan juga yang nge-drop bantuan. Ketika kami baru menurunkan beberapa dus makanan, warga disitu memberitahu bahwa pengungsi di SMPN 2 Salam belum ada bantuan.

Mas Kika langsung tancap gas menuju SMPN 2 Salam yang letaknya ngga begitu jauh dari tempat semula. Hmmm,disana ada 200 pengungsi termasuk lansia & anak2 yang dari 2 hari kemarin belum dapat bantuan apa2 & kelaparan. Situasi disana, semuaaaa yang terlihat tertutup lumpur dan abu.

Setelah selesai pendistribusian logistik, aku, mba ervi, bu omah & pak toni langsung menghandle anak-anak. Sementara Mas Kika balik ke Sleman, jemput temennya, bu dokter -mba nunik- dan beli mainan untuk anak-anak.

Anak-anak diajak nyanyi,main ular naga,dan akhirnya bu omah mendongeng sembari mengantar mereka tidur siang. Cuaca sudah gerimis. Ketika ada petir, anak-anak teriak & bangun dari tidurnya. Orang tua pun ikut kaget. Mereka trauma. Mereka pikir itu tadi bunyi Merapi yang mau meletus.

Aku sempet ngobrol dengan ibu-ibu disana. Melihat duka mendalam di mata mereka. Sudah tidak punya apa-apa. Rumah hancur. Barang-barang ngga ada. Sawah,ternak,kebun pada musnah. Habis. Aku cuma bisa bilang “sabar ya bu…” . “Iya mba….ini semua punya gusti Alloh,kita cuma dititipi…nanti juga di kasih lagi sama Yang Diatas”.

Mas kika datang bawa mainan. Ular tangga, halma,rubik,puzzle,kertas & spidol. Anak-anak asik menggambar,main,tertawa. Lepas. Ah, senangnya melihat mereka yang tadi murung jadi gembira.

Menjelang Maghrib kami kembali ke Sleman. Terlihat wajah-wajah capek. Ada yang briefing,ada yang ngerokok, ada yang bengong, sampe akhirnya pada menggila. Wejangan dari Mas Kika, memberi ‘suntikan’ semangat & motivasi. Senang bisa membantu saudar-saudara disini. Senang mendapat saudara & pengalaman baru. And I’m the youngest one!!

Thnx God

Posted with WordPress for BlackBerry.

3 thoughts on “Journey to Merapi-rasakan lebih dekat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s