Napak Tilas 1 Tahun SeBUAI


Malam Tanggal 8 Januari ’11

 

Tepat 1 hari menjelang 1st Anniversary SeBUAI. Rasanya baru kemarin,saya punya ide untuk nyumbangin buku-buku saya & adik-adik dirumah karena banyak yang masih bagus tapi sudah dipakai. Juga prihatin karena banyak anak-anak yang ngga mampu beli buku & ngga mendapat pendidikan yang layak. Karena waktu itu saya adalah seorang facebook-holic, maka ide untuk menyumbangkan buku-buku bekas layak pakai, saya lempar ke beberapa grup di facebook yang saya ikuti. Juga ke beberapa milis. Hasilnya, banyak respon positif yang saya terima.

 

Dan,ada satu yang nyangkut lalu menjadi diskusi serius antara saya & Pak Harun. Beliau sudah lebih dulu terjun di dunia sosial Bekasi,tapi untuk buku, belum. Makanya beliau tertarik untuk diskusi. Akhirnya, 9 Januari 2010, saya, Arief & Pak Harun kopi darat. Pak harun tanya “apa nih namanya?”. Saya memang sudah mempersiapkan nama. Saya jawab “Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, pak…”. Lalu kami diskusi singkat soal apa,bagaimana & darimana memulai. Kami juga diajak ke lampu merah Unisma, dimana banyak anak-anak pengamen disana yang nantinya akan kami distribusikan buku di pojokan warung. Jadi anak-anak disana bisa tetep dapet ilmu walaupun sambil ngamen.

 

Selesai dari pertemuan pertama dengan Pak Harun, yang juga tanpa sengaja ketemu dengan Mas Irfan & Mas Febri, juga dengan semangatnya Prasetyo, temen ku ikutan, saya & arief membawa setumpuk PR. Kami lalu membuat grup & page SeBUAI di Facebook untuk menjaring massa. Satu per satu temen-temen ku gabung di grup & di page juga logo SeBUAI. Tanggal 6 Februari, beberapa dari kami kopi darat untuk membahas gebrakan awal SeBUAI. Ada Kak Joko, Nake yang dateng bareng Lidya, Cahaya, Mas Wahid, Anggri. Kami rapat di ruang kerja Pak Harun. Kesimpulannya, minggu depan kami akan 1st Action. Masing-masing dari kami akan membawa minimal 10 buku.

 

Tanggal 12 Februari 2010 sore,kami kumpul. Pasukan bertambah dengan adanya Putri, Lutfi, Fai & Mas Adi. Sabtu pagi, 13 Februari 2010 kami berkumpul di Unisma, setelah pengumpulan & pendataan buku, kami bergerak ke pemukiman pinggir kali,Hembo,Proyek Bekasi. Yang subuh harinya baru saja terendam banjir. Total terkumpul 113 buku & sebanyak 80 buku kami distribusikan kesana.

 

19 Februari 2010, Saya, Arief & Andri juga pak harun diundang wawancara on air di Radio Dakta 107 FM untuk promo kegiatan SeBUAI di acara Car Free Day Bekasi. Minggu, 21 Februari 2010, kami buka stand & menerima sumbangan buku dari orang-orang. Kami juga sudah punya spanduk disana yang di desain oleh Andri. Video SeBUAI juga dibuat saat acara Car Free Day ini. Di hari yang sama, sorenya kami diundang Blogger Bekasi untuk ikiut rapat dalam rangka acara Amprokan Blogger.

 

Dari sana, bergulirlah kegiatan-kegiatan SeBUAI. Diliput oleh Radar Bekasi,digandeng BNI Syariah,Alfamart. Ini beberapa cerita SeBUAI yang saya ambil dari ‘kicauan’ saya di Twitter.

 

Besok, #1stannivsebuai ….aihhh ga ada habisnya klo cerita soal #sejutabukuuntukanakindonesia yg awal kebentuknya ngga sengaja bgt

Krn dirumah bnyk buku pljrn ku&adek2 yg dh ga kepake,jg buku2 bacaan.jd aku pingin nyumbangin buat anak2 ga mampu & anak2 jalanan #sebuai

Mulailah nglmpar ide ke milis2&grup2 di fb yg aku ikutin bwt ngumpulin buku2 layak pakai bwt disumbangin lg #sebuai

Responnya positif bgt…dri slh 1 grup di fb,aku kontak sama pak @mharunal yg lbh dulu jlanin kgiatan sosial di bekasi #sebuai

Lahirlah grup & page #sejutabukuuntukanakindonesia di FB.kmudian kami kopdar utk rembukan apa lngkh prtama spy org2 tau ttg kita #sebuai

Stlh logo jadi,disusunlah tim #sebuai & mrancang 1st action kami.waktu itu baru 10 org yg ‘turun’&nyumbangin buku2nya.

Lalu kami wwncara onair di @Dakta107FM shari sblm car freeday bekasi spy org2 tau klo kami bkl buka stand&nerima sumbangan buku2 #sebuai

Lalu kami dpt khormatan digandeng @bloggerbekasi diacara amprokan blogger.psrta yg hadir disuruh bawa buku utk #sebuai

Dstribusi ke pmukiman pinggir kali proyek,gdung juang tmbun&lmpu merah unisma.bhkn smpt survey brg ibu bupati bekasi #sebuai

Kami jg digandeng BNI Syariah bwt acara milad ke10 di sklh pmulung bantar gebang. #sebuai dpt sumbangan 3000 buku dari BNI Syariah

Alfamart jg m’bntu kami dgn sumbangan buku2 & bbrp unit komputer ke rumah2 baca yg jdi partner #sebuai

Jalan ga slalu mulus.tmn2 dtg&pergi dgn b’bagai alasan.dri yg halus smpe yg “klo gw bantu lo,gw dpt apa?”.ngerasain ngurusin #sebuai sndirian

Salut bwt tmn2 yg ikhlas&rela tiap weekend kelayapan ke kampung2,jln2 njemput buku,panas2an&skali lagi,ini kgiatan sosial tnp profit #sebuai

Ingeett bgt ktika harus naik motor panas2an…ktika wktu main hilang…uang jajan pun beralih fungsi #sejutabukuuntukanakindonesia

Tapi ktika lihat anak2 dgn senyum&antusias baca buku,tanya ini itu,ketawa…itu ga kbayar dgn apapun!!mreka brhk pny cita2. #sebuai

#sejutabukuuntukanakindonesia ngucapin mksh bnyk utk Mas @kikasyafii yg sdh m’bntu&mmberi masukan jg m’bimbing kami…jgn capek ngajari kami

Apa yg kmi lkukn blm apa2…terus brusaha mlakukan yg t’baik utk mereka,anak2 yg kekurangan…pling tdk mmbntu lwt buku&pndidikan #sebuai

 

Benar-benar perjalanan 1 tahun yang menakjubkan. Ketika akhirnya kami bener-bener dari 0 membantu Pak Toni & Bu Omah untuk membuat perpustakaan di Rumah Belajar Mutiara Mandiri. Ketika kami harus rela tidak pergi main di weekend karena harus ‘jalan-jalan’ sama SeBUAI. Ketika banyak pihak berjanji membantu ini itu tapi ngga jelas & ngga ada action apa-apa. Terima Kasih.

 

Terima Kasih buat temen-temen yang rela berbagi waktu,tenaga,ilmu,materi & kesempatannya untuk berbuat bagi sesama. Perjalanan masih panjang. Masih banyak episode yang harus kita buat. Tetap Semangat. Tetap Kompak. Terima Kassih atas kerja sama,persahabatan,kekeluargaan & ketulusannya.

 

Terima kasih juga buat semua yang sudah membantu. Buat semua yang sudah support.

 

“Mereka Juga Berhak Melihat Dunia”

11 thoughts on “Napak Tilas 1 Tahun SeBUAI

  1. Abinya Hammam says:

    Yay… Saya juga merayakan1 tahun berkenalan dengan seorang cewek yg sellau baik dan mendedikasikan waktunya utk membantu anak-anak jalanan. Mereka berhak melihat dunia…

    Saya baru ngeh, ternyata saya pertama kami ketemu Ady dan Arief tgl 9 Januari 2010 di ruangan Kang Harun, ya.. Trus pertemuan kedua di Rumah Kang Harun utk mendesain logo serta spanduk Sebuai. Dari sana juga terlahir portal sejutabuku.org

    Ternyata saya juga ada di dalam rangkaian Sebuai… Hehehe

    • Adyanti Rahmarina says:

      Jelas Mas Ir adalah salah satu yg penting buat SeBUAI….diawal terbentuknya SeBUAI kan juga awal kita ketemu Mas Ir… :))

      Mas Ir banyaaakkk bantu kita apalagi urusan web….Mas Ir juga org pertama yg menyambut SeBUAI dgn ramah diawal pertemuan SeBUAI dgn BeBlog….

      Makasih banyak ya Mas Irfan atas semua dukungannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s