Bukan Lingkaran Yang Sama


Lagi. Rasanya saya sudah menuliskan hal yang sama. Tentang ini. Saya ngga ingin berkeluh-kesah, tapi ini luar biasa mengganggu pikiran saya. Berbulan-bulan.

Segala sesuatunya, pasti akan dipandang dengan cara berbeda oleh setiap orang. Tapi ngga jarang, ada beberapa orang yang punya pemikiran sama. Lalu kita sebut saja, mereka ada dalam 1 lingkaran. Tapi bukan ngga mungkin kemudian akan ada yang keluar dari lingkaran.

apa sih?

Entah perasaan apa yang saya rasakan saat ini. Yang jelas, saya sedikit kecewa, marah, dan rindu. Dengan mereka. Orang-orang yang sebelumnya berteriak semangat, berbagi harapan, punya banyak rencana. Bukan untuk kami. Tapi untuk mereka, yang kurang beruntung.

Tidak bisa dipaksakan. Menggeluti hal yang sifatnya sosial, tidak semua orang ingin, bisa atau mau tahu. Tidak semua. It’s all about passion. Maka, saya tidak bisa menggugat kalau kemudian beberapa dari kawan-kawan saya yang memilih mundur teratur, lari dengan langkah seribu, atau tanpa pamit. Alasan tidak punya waktu, tidak dapat ijin kekasih, atau memang tanpa alasan sudah biasa saya dengar hampir tiga tahun ini.

Kadang, saya ingin bantah semua alasan itu. Saya, teman-teman lain yang masih mau ikut urus, bahkan orang lain yang bantu walau dari jarak jauh/bukan bantu tenaga juga sibuk. Tapi bukan menyalahkan waktu. Kembali lagi, itu pribadi masing-masing. Saya hargai mereka yang mau bantu. Tapi lama kelamaan, semakin berkurang. Saya kehilangan sahabat perjuangan. Sakitnya seperti patah hati.

Memang tidak bisa dipaksakan.

Ini bukan sekedar impian saya, teman-teman yang peduli saja. Tapi tanggungjawab kita kepada orang lain yang membutuhkan.

Leave a Reply

