Berita Duka Sebagai Pengingat


condolences

Kemarin, saya menerima empat kabar duka sekaligus dalam satu hari. 3 diantaranya adalah berita duka meninggalnya orang tua teman saya. 3 orang teman saya kehilangan orang tua yang dicintainya. Dan satu lagi adalah kabar nenek saya yang anfal.

Setiap saya menerima kabar duka tentang meninggalnya seseorang, baik orang tua teman, saudara jauh, atau siapapun, saya selalu terhanyut. Entah kenapa, saya selalu mencoba menyelami kedukaan orang – orang yang ditinggalkan. Dan seketika, saya selalu ada dititik, seandainya saya jadi dia. Seandainya saya yang kehilangan. Rasanya, siapapun tidak akan pernah siap.

Kepergian orang yang dicintai, apalagi orang tua, adalah hantaman berat untuk setiap anak. Saya, cukup tahu diri. Dengan keadaan saya yang masih sangat manja & bergantung pada orang tua, saya tidak akan siap jika harus ditinggal. Maka, setiap ada kabar duka, saya selalu memperhatikan kondisi orang yang berduka. Ekspresi wajah, bahasa tubuh, cara bicara, isi pembicaraan.

Mencoba mencari kekuatan dalam diri yang sedang berduka. Dan, saya belajar banyak pada mereka. Mencoba berempati pada keadaan yang sedang berduka.

Berita duka sebagai pengingat. Bahwa harus lebih banyak bersyukur, bahwa saat ini saya masih punya orang tua yang lengkap. Bersyukur bahwa masih ada orang tua yang mengawasi, memeluk, dan membimbing. Berita duka sebagai pengingat, bahwa kapanpun, tanpa ada seorang pun yang tahu, apa yang kita cintai akan kembali kepada Sang Pemilik Hidup.

Turut bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Ibunda Rijal Hakiki, Ayahanda Tirsa Amalia, dan Ibunda Rani Cahyani.

Semoga Nenek saya juga lekas sembuh.

One thought on “Berita Duka Sebagai Pengingat

Leave a Reply

