Posted in Catatan Ku

Flashback – Trip to Barcelona & Swiss, 2013

EROPA!

Yap. Eropa. Di 2013, belum genap setahun gue gabung di kantor baru ini, gue dikirim training dan FAT ke Barcelona dan Swiss.

And this is the 1st time i made my passport!

Walaupun harus ada deramah dulu terkait bikin passport ini, yang menyebabkan gue gagal berangkat ke Itali. Harusnya perjalanan itu ke Itali, Barcelona, dan Swiss. Tapi karena passport gue belom jadi, alhasil Boss gue berangkat sendiri ke Italia.

Bikin passport via on-line pun gue jabanin. Ngantri untuk dapet nomor foto dari subuh. Dan ketika passport udah ditangan, mulai ngurus visa, eh malah gue opname di RS karena DBD! Seminggu sebelum keberangkatan, gue baru keluar dari RS.

Dan akhirnya, dimulailah kisah perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya.

Agak norak dan kaku gitu ya pertama check in, antri imigrasi, then…di pesawat selama 18 jam! Walaupun kepotong transit di Dubai.

GOING ABROAD

Amaze sendiri. Ketika transit di Dubai, gue sama partner gue ngga mikirin apa – apa. Pokoknya abis turun pesawat, langsung cari Gate untuk penerbangan berikutnya! Takut ketinggalan pesawat. Padahal transitnya 3 jam hihihi.

Amaze lagi sama hal – hal yang ngga ada di Indonesia saat disana. Contoh ya, di Barcelona ngga ada macet.Ada sih macet tapi ngga kayak disini. Kotanya bersiihh banget. Teratur banget. Tertata rapih. Ngga ada orang buang sampah sembarangan. Dan bisa lihat orang ber-Jas rapih tapi naik sepeda! Transportasi umum juga bagus.

MEET PEOPLE FROM OTHER COUNTRY

Ya. Peserta training ada 8 orang, yang dari Asia, dan berjilbab cuma gue dan partner gue. Dan kita agak kesusahan soal makanan. Karena most of them bukan makanan halal. Kalaupun ngga mengandung babi, kan ngga tau prosesnya gimana. Tapi ya gue sih Bismillah aja…..

Dan which is ini training, jadi menguji pendengaran dan kemampuan English gue. Goossss. Tapi, I did it!

SIGHT SEEING

Oke, waktu di Barcelona mepet. Gue sampe Selasa sore, cuma sempet jalan di sekitar hotel. Rabu – Jumat gue training sampe sore. Tapi untunglah, Jumat itu selesai cepet jam 3an. Dari pabrik, gue sama temen gue langsung cuss ke Nou Camp!

Walaupun bukan penikmat sepak bola, tapi gue seneng bisa ke Nou Camp. Dan bikin beberapa temen iri.

Dari Nou Camp jalan – jalan ke La Rambla, yang ternyata deket sama hotel. Beli beberapa souvenir buat oleh – oleh.

SWITZERLAND

Sabtu dini hari, jam 4 pagi kita dijemput sama taksi, dianter ke bandara. First Flight dari Barcelona ke Zurich. Karena ada badai, penerbangan sempet delay. Harusnya sampe Zurich jam 09.00 pagi, kita baru sampe jam 1 siang.

Sampe Zurich, kita check in di hotel. Istirahat sebentar, dan jalan – jalan.

Besoknya, check out habis sarapan, jemput Customer kami di Bandara. Muter – muter sambil berangkat ke Wald. Sempet berhenti dulu di Luzern, foto – foto di Kastil tua yang ada di tengah danau. Makan siang di Raperswill. Dan nyampe lah kita di Wald.

Wald

Wald itu desa. Sepiii banget. Ngga ada pusat perbelajaan. Hotel yang gue tempatin namanya Bleiche Hotel. Itu adalah bekas pabrik tekstil gitu. Keren lah interior sama konsep hotelnya. Pemandangannya juga. Dari Wald ke Pabrik bisa jalan kaki dan cuma 15 menit.

Di Swiss cuma 2 hari. Ngga sempet melancong kemana – mana. Tapi kami sempet beli coklat asli swiss.Flight balik ke Indonesia Rabu sore. Dan sampe di Jakarta Kamis sore.Wuufff almost 24 jam!

Then gue ngga nyangka kalau kemudian gue akan dateng lagi ke Swiss & Barcelona.

Author:

Chemical Engineer | Cofeeholic | Founder "Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia" | Member of Community "Perempuan Bicara" | Young Woman Speaks Project