Posted in Artikel

Seminar Perlindungan Hak Cipta

 

TAHUKAH ANDA TENTANG SELUK-BELUK PERLINDUNGAN HAK CIPTA?

Bagi anda para Pencipta dan Pelaku Usaha yang terkait dengan hak cipta, mengetahui seluk beluk perlindungan hak cipta akan meningkatkan pengetahuan anda mengenai bagaimana mengamankan ciptaan dan bisnis anda dari tuntutan hukum atau pihak lain yang memanfaatkan untuk keperluan komersial tanpa sepengetahuan anda. Banyak hal penting yang perlu anda ketahui menyangkut perlindungan hak cipta, antara lain:

  • Apa perbedaan ide dan ciptaan?
  • Tahukah anda pengertian fiksasi? Pada saat kapan hak cipta itu lahir?
  • Apa saja ciptaan yang dilindungi? Bagaimana hak cipta atas potret?
  • Apakah pengetian hak terkait, pelaku (performer)? Apakah juga memiliki hak cipta?
  • Perlukah hak cipta didaftarkan? Kapan saat yang tepat untuk melakukan pendaftaran? Jika hendak didaftarkan apa saja persiapan yang perlu dilakukan?
  • Dapatkah hak cipta dialihkan? Apa saja bentuk pengalihan hak cipta? Bagaimana jika Pencipta meninggal? Apakah ahli waris dapat menerima pengalihan hak cipta? Sampai berapa lama masa berlaku hak cipta?
  • Apakah perbedaan arti istilah Pencipta dan Pemegang Hak Cipta? Siapakah pemegang hak cipta?
  • Bagaimana jika ciptaan dilahirkan oleh beberapa orang? Bagaimana jika dalam hubungan dinas? Bagaimana jika dalam hubungan kerja?
  • Hal-hal apa saja yang tidak dianggap pelanggaran hak cipta?
  • Perlukah hak cipta didaftarkan?
  • Kapan saat yang tepat untuk melakukan pendaftaran?
  • Bagaimana mempersiapkan bukti pendukung suatu ciptaan?
  • Bagaimana cara mendaftarkan hak cipta? Persiapan apa yang diperlukan? Bagaimana cara mengisi formulir dan menulis deskripsinya? Kemana pendaftaran dilakukan? Siapa yang dapat melakukan pendaftaran?
  • Bagi anda kalangan dan profesi :
    • Pencipta Lagu
    • Musisi/Pemusik/Arranger
    • Produser Rekaman
    • Artis/Penyanyi/Sutradara/Produser Film
    • Penerbit/Penulis
    • Perancang Grafis
    • Kartunis
    • Arsitek
    • Pemahat/Pematung/Pengukir/Kaligrafis/Kolase
    • Pembatik/Pengusaha Batik/Asosiasi Pengusaha Batik
    • Pelukis
    • Koreografer
    • Pelaku Pewayangan
    • Pelaku Pantomim, Drama, Drama Musikal
    • Programer Komputer
    • Pembuat dan Pengusaha Peraga Pendidikan
    • Pelestari Tarian Rakyat dan Musik Rakyat
    • Pembuat/Pengusaha Tenun Tradisional
    • Mahasiswa
    • Umum

    Ikuti SEMINAR SELUK-BELUK PERLINDUNGAN HAK CIPTA DALAM TEORI DAN PRAKTEK, yang akan diselenggarakan pada :

    Hari/Tanggal : Rabu, 10 Oktober 2012

    Waktu : 08.30 – 15. 30 WIB

    Tempat : Erasmus Huis Jakarta

    Pembicara Utama :

    Prof. Dr. AGUS SARDJONO, SH, MH,
    Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Ketua IIPA (Indonesian Intellectual Property Academy).

    Tinjauan Praktis tentang Hak Cipta :

    R. DWIYANTO PRIHARTONO, SH, 
    Advokat, Konsultan Hak Kekayaan Intelektual, Direktur IPAS Institute (Intellectual Property Advisory Services).

    RISA AMRIKASARI, SS
    Konsultan Hak Kekayaan Intelektual

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 600,000 (Enam Ratus Ribu Rupiah)

    Peserta yang mendaftar dan membayar sebelum tanggal 10 September 2012 hanya dikenakan biaya Rp. 500.000,-.

     

    INFO PENDAFTARAN 

    IPAS Institute (Intellectual Property Advisory Services)
    Gedung Jiwasraya Lantai 2 Jalan R.P Soeroso No. 41, Menteng Jakarta Pusat 10350
    Kontak: ANITA, Telp: 021-3907927, Fax: 021-3907926, 
    Email: registrasi@ipasintitute.com

Advertisements
Posted in Artikel, Catatan Ku, Personal

Gandamayu | Perempuan ; Ibu Sejati Langit dan Bumi

 

Selasa, 4 September 2012 bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, dipentaskan repertoar Gandamayu, yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Putu Fajar Arcana. Gandamayu mengangkat kisah tentang nilai luhur kesetiaan, pengorbanan dan keikhlasan.

Cerita yang apik, para pemain hebat diantaranya Ine Febriyanti & Ayu Laksmi, serta di dukung tata panggung, cahaya & musik yang ciamik, membuat Gandamayu, menurut saya pribadi memang layak di tonton. Two Thumbs Up buat Teater Garasi & Arcana Foundation. Kereeennnnn

Menceritakan Dewi Uma yang diuji kesetiaannya oleh sang suami, Dewa Siwa, yang tidak percaya kepada istrinya. Dewa Siwa mengutuk Dewi Uma menjadi Durga, yang tinggal di hutan menyeramkan. Uma bisa kembali ke kahyangan hanya jika ia diruwat oleh Sahadewa, adik bungsu Pandawa. Ketika itu sedang berlangsung perang Bharata Yudha, Ibu dari Pandawa, Dewi Kunti, datang ke Gandamayu meminta pertolongan Durga agar Pandawa tidak binasa dalam peperangan tersebut. Durga meminta tumbal, Sahadewa. Namun karena cintanya pada sang anak, Dewi Kunti tidak menyetujui. Durga menjadi murka. Ia memerintahkan Kalika, abdinya untuk merasuki tubuh Kunti dan membawa Sahadewa ke Gandamayu. Akhirnya, Durga dapat diruwat kembali menjadi Dewi Uma. Dewa Siwa pun menyesali perbuatannya yang tidak mempercayai kesetiaan istrinya.

Dalam cerita ini juga terdapat dialog-dialog renungan yang menggugat Perang Bharata Yudha, yaitu diskriminasi terhadap perempuan dan nilai-nilai keikhlasan pengorbanan.

Ladies, this is very recomended. Datang, saksikan, resapi, dan ambil nilai-nilai positif dibalik cerita ini.

Posted in Artikel, Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia

Belajar Jadi Pengajar

Deg – degan banget malem ini. Bukan karena malem minggu mau di apelin sama siapaaaa gituh. Bukaaannnnnn banget (padahal berharap). Tapi karena besok adalah kegiatan edukasi SeBUAI yang pertama di Rumah Baca Mutiara Mandiri. Dan, aku akan mengajarkan pelajaran bahasa Inggris buat anak – anak usia TK 0 kecil & 0 besar. Pelajarannya ngga yang susah – susah juga. Cukup pengenalan spelling, greeting, introducing & singing.

Sementara yang usia SD akan di handle sama Arief & yang lain untuk nonton film Laskar Pelangi. Walaupun Cuma sederhana aja, di dalem ruangan, pake infokus & filmnya diputer dari Laptop. Tapi anak – anak itu pinter banget. Masa mereka minta karcis buat nonton sama Ibu Omah, pemilik rumah belajar ini. Karena kata mereka kalau nonton bioskop mesti pake karcis. Akhirnya, sama Bu Omah dibikinin pake kertas kecil yang dikasih cap. Terus mereka juga bilang kalau mau masuk mesti antri. Ya ampuunn lucu – lucu banget & pinter. Mereka yang sekecil itu aja udah tau tata tertib. Alhasil, aku sama Arif yang tadi dateng kesana sampai ngakak dengernya. Dan ngerasa bersalah kenapa sampai ngga kepikiran hal yang sekecil itu ya. Continue reading “Belajar Jadi Pengajar”

Posted in Artikel, Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia

BeBlog,SeBUAI,Ibote & Anak-anak Rumah Baca Mutiara Mandiri

Kaget & Shock waktu saya dateng ke tempat acara di Kantor RW 01 Dusun Jati Bulak, Jati Mulya, Tambun Selatan minggu sore kemarin. Kenapa??  Beberapa jam yang lalu saya pulang dari tempat itu masih kosong, nah waktu saya datang lagi, loh kooo udah banyak banget anak – anak kecil & ibu – ibu yang berkumpul. Kedatangan saya langsung disambut Ibu Omah & Pak Toni. Saya langsung siap – siap di dalam kantor RW sambil terus SMS-an sama temen – temen lain yang masih OTW ke TKP.

Jam 4 lewat 15, acara dimulai dengan penampilan Marawis dari Remaja Putri. Disusul penampilan anak – anak Mutiara Mandiri yang bernyanyi & membaca pusi diiringi permainan gitar, jimbe & biola. Suasana makin meriah waktu Huda Magic, si pesulap tampil. Anak – anak berkali – kali mengeluarkan kata “wooww”….terus tepuk tangan. Senang sekali rasanya bisa membuat mereka gembira.

Jam 5 lewat, rombongan yang membawa konsumsi datang. Pak Rawi, Mba Mila, Mba Anggi, Mba Irma. Setelah sebelumnya Pak Aris & Pak Amril lebih dulu standby. Mas Yulef malah datang dari sebelum acara dimulai. Temen – temen SeBUAI, Arief & Mas Wahid memang dari siang ikut cek & ricek ke TKP, disusul kedatangan Ka Joko, Imat, dan Pita. Anak – anak Ibote juga datang (Om Ferdi, thnx spanduknya). Continue reading “BeBlog,SeBUAI,Ibote & Anak-anak Rumah Baca Mutiara Mandiri”

Posted in Artikel, Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia

Apa Mereka Sudah Merdeka??

Kemerdekaan adalah:

  • (kata benda) saat di mana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya.
  • (kata benda) saat di mana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi.

Tapi apa iya kita sudah merdeka?

Coba tengok, masih ada yang harus mengais-ngais tempat sampah hanya untuk sekedar makan,masih ada juga yang hanya bisa merasakan makan 2 hari sekali,masih ada juga yang tidak bisa mendapat pendidikan yang layak.

Apa kita sudah merdeka?

Ketika anak – anak yang seharusnya masih merasakan nikmatnya bersekolah justru harus banting tulang di jalan, mengais diantara tumpukan sampah, mengharap rupiah demi menyambung hidup membantu orangtua, melupakan cita – cita mereka. Atau ketika mereka dikeluarkan dari sekolah karena tidak mampu membeli seragam, tidak mampu membeli buku, atau ketika ketahuan guru kalau mereka sedang mengamen demi mendapat tambahan penghasilan membantu orang tua. Continue reading “Apa Mereka Sudah Merdeka??”

Posted in About My Job, Artikel, Catatan Ku

.: Diatas Langit Masih Ada Langit :.

Kenapa diatas langit masih ada langit?

Itu sekedar kiasan. Bahwa diatas orang yang mengaku dirinya pemimpin & berkuasa,masih ada yang lebih berkuasa. Jabatan hanya asesoris di dunia. Ngga kekal. Ngga abadi. Itu Cuma titipan. Tapi kenapa yah orang yang merasa dirinya pemimpin atau penguasa & merasa berkuasa, terlihat seolah begitu bangga dengan asesorisnya itu. Dia merasa bahwa dirinya paling. Paling hebat. Paling pintar. Paling tahu segalanya. Kadang juga merasa paling rupawan. Dan perasaan dikuasai nafsu paling – paling itulah yang membuat dia lupa daratan. Lupa bahwa (mungkin) dia dulu juga pernah jadi bawahan / pesuruh. Lupa bahwa apa yang dia punya, dia pakai itu hanya titipan. Lupa bahwa masih ada yang jauh lebih berkuasa daripada dia, yaitu Allah SWT. Si dia, yang merasa menjadi pemimpin & berkuasa lantas akan bertindak semena – mena, melakukan segala sesuatu sekehendaknya sendiri, bahkan mungkin ‘menindas’ menjadi hal yang menyenangkan untuknya. Walaupun ngga semua Pemimpin & Penguasa seperti itu, tapi kebanyakan yaaaa begitu.

Sebenernya, Pemimpin itu apa sih?

Pemimpin (Boss, Ketua, Presiden, Manager, Owner,dsb), hanya sebutan untuk orang yang berkuasa.

Ya, itu hanya jabatan. Bukan berarti mutlak menjadikan dirinya penguasa. Justru itu menjadi sebuah tanggung jawab besar. Karena ia harus mampu memimpin & mengayomi. Memimpin anak buah / bawahannya agar tim kerjanya kompak & mencapai hasil yang memuaskan. Mengayomi, atau melindungi anak buah / bawahannya dalam artian, melindungi keselamatan di tempat kerja dengan membuat kebijakan keselamatan & kesehatan lingkungan kerja, melindungi bisa juga dalam artian, memberikan semua hak para anak buah / bawahan sehingga mereka merasa hak – haknya dijamin. Bukan malah menindas, merampas / menahan hak, berbuat semena – mena tanpa memikirkan nasib & perasaan para bawahannya.

Continue reading “.: Diatas Langit Masih Ada Langit :.”

Posted in Artikel, Catatan Ku

Sekilas Tentang Kopi

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab, qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.  Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etipoia di Benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). Continue reading “Sekilas Tentang Kopi”

Posted in Artikel, Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia

Selamat Hari Anak Nasional

Yap! Aku memulai hari ini, 23 Juli 2010 dengan status di Facebook “Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak-anak di Indonesia…..Semoga hak-hak anak Indonesia dapat terpenuhi,terutama untuk Pendidikan, Kesejahteraan
& Kesehatan…..”.

Dibeberapa sudut kota atau bagian di Negara ini mungkin sedang merayakan Hari Anak Nasional dengan lomba – lomba di sekolah, pawai, atau apalah namanya. Bahkan pemerintah pun membuat sebuah acara peringatan Hari Anak Nasional. Tapi, jauh…jauh dari hiruk pikuk peringatan seremonial Hari Anak Nasional itu, coba ingat – ingat ketika dalam perjalanan di Bis, di lampu merah, atau di tempat – tempat umum. Masih banyak (sangat banyak malah) anak – anak yang membawa kecrekan untuk mengamen, membawa gitar kecil yang suara senarnya sudah ngga karuan & ditimpali dengan suara nyanyiannya yang ehem….ngga pas sama musiknya. Atau lihat, anak- anak batita yang digendong – gendong ibunya dari mobil ke mobil meminta sedikit belas kasihan para pengendara di lampu merah. Atau para batita yang terpaksa tidur di trotoar. Makan seadanya. Kepanasan. Debu. Dipaksa bekerja, atau terpaksa bekerja karena keadaan. Continue reading “Selamat Hari Anak Nasional”

Posted in Artikel, Catatan Ku

Guatemala’s Hole

Badai tropis Agatha yang menerjang ibukota Guatemala akhir pekan lalu menghadirkan sebuah lubang raksasa, nyaris membentuk satu lingkaran penuh. Lubang itu berdiameter 20 meter dan berkedalaman hampir 30 meter. Lubang tersebut menganga di sebuah perempatan jalan di Guatemala City.

Warga di sekitar perempatan jalan itu mengungsi ke kawasan terdekat. Namun, para ahli geologi terus berdatangan. Geologis mengatakan, bentuk sirkular yang terbentuk itu menyerupai bentuk gua bawah tanah. Namun, apa penyebab sesungguhnya hingga terbentuk lubang tersebut masih menjadi misteri.

Lubang tersebut terbentuk Sabtu pekan lalu dan “memakan” sebuah pabrik pakaian. Lokasi lubang baru itu terletak dua kilometer dari lubang serupa yang terbentuk tiga tahun lalu. Lubang yang tercipta pada 2007 menewaskan tiga orang dan menelan beberapa rumah di kawasan yang sama.

Satpam pabrik beruntung karena dia telah meninggalkan pabrik untuk pulang ke rumahnya yang terkena banjir akibat hujan lebat yang dibawa badai Agatha. Badai yang menerjang Amerika Tengah tersebut menewaskan sedikitnya 180 orang. Beberapa warga yakin kalau satu atau dua orang telah hilang, tetapi otoritas mengatakan tidak ada korban tewas dilaporkan Continue reading “Guatemala’s Hole”

Posted in Artikel, Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia

Milad BNI Syariah ke-10 menggandeng SeBUAI

Direktur Utama BNI Syariah beserta Staff,Tim SeBUAI,Sekolah Tunas Mulia,Rumah Baca Mutiara Mandiri & KPJ Lampu Merah Unisma

Sebuah Kehormatan untuk SeBUAI ketika diajak oleh Bank BNI Syariah dalam rangka Milad Ke-10 dengan tema Berbagi. Senin siang itu,saya dihubungi oleh salah seorang staff BNI Syariah Bekasi yang langsung to the point mengajak SeBUAI untuk ikut dalam rangkaian acara Milad Ke-10 Bank BNI,yang kebetulan akan menyumbangkan buku-buku & alat tulis bagi anak-anak kurang mampu. Rupanya pihak Bank BNI Syariah melihat artikel tentang SeBUAI di Radar Bekasi edisi hari Senin,17 Mei 2010 ketika SeBUAI dropping buku ke Rumah Baca Mutiara Mandiri.

Setelah bertemu dengan Pak Nurfi,Kepala Kantor Cabang BNI Syariah Bekasi & juga Mba Isri,salah seorang staff BNI Syariah,maka disepakati bahwa BNI Syariah akan bekerja sama dengan SeBUAI mendistribusikan buku ke Sekolah Alam Tunas Mulia,Sumur Batu,Bantar Gebang yang juga akan menghadirkan perwakilan ‘partner’ SeBUAI,seperti Pak Toni & Ibu Omah dari Rumah Baca Mutiara Mandiri,Bang Min bersama anak-anak KPJ Lampu Merah Unisma,Mas Adi bersama Sekolah Pinggir Kali Hembo,Proyek,juga perwakilan temen-temen KSGJ,Gedung Juang. Tapi yang bisa hadir hanya Pa Toni & Ibu Omah serta Bang Min,tentu saja bersama anak-anak. Continue reading “Milad BNI Syariah ke-10 menggandeng SeBUAI”