Posted in Catatan Ku, Event, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

Mini Camp 3rd Anniversary SeBUAI

3rd an

9 Januari 2013, SeBUAI –Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia– genap berusia 3 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap memperingati Miladnya, SeBUAI selalu mengadakan kegiatan bersama adik-adik asuhannya.

Dalam rangka Ulang Tahun ke-3, SeBUAI akan mengadakan Mini Camp bersama adik-adik Taman Baca Al-Rasyid, Kampung Loji, Ciawi, Bogor pada tanggal 2-3 Februari 2013.

Pada kegiatan Mini Camp ini akan ada Kakak Guru Tamu dari beberapa komunitas yang peduli. Selain itu juga ada outbond, edugames, dan pentas seni. Dijamin seru dan akan menambah ilmu. Continue reading “Mini Camp 3rd Anniversary SeBUAI”

Posted in Catatan Ku, Personal, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

Bukan Lingkaran Yang Sama

Lagi. Rasanya saya sudah menuliskan hal yang sama. Tentang ini. Saya ngga ingin berkeluh-kesah, tapi ini luar biasa mengganggu pikiran saya. Berbulan-bulan.

Segala sesuatunya, pasti akan dipandang dengan cara berbeda oleh setiap orang. Tapi ngga jarang, ada beberapa orang yang punya pemikiran sama. Lalu kita sebut saja, mereka ada dalam 1 lingkaran. Tapi bukan ngga mungkin kemudian akan ada yang keluar dari lingkaran.

apa sih?

Entah perasaan apa yang saya rasakan saat ini. Yang jelas, saya sedikit kecewa, marah, dan rindu. Dengan mereka. Orang-orang yang sebelumnya berteriak semangat, berbagi harapan, punya banyak rencana. Bukan untuk kami. Tapi untuk mereka, yang kurang beruntung.

Tidak bisa dipaksakan. Menggeluti hal yang sifatnya sosial, tidak semua orang ingin, bisa atau mau tahu. Tidak semua. It’s all about passion. Maka, saya tidak bisa menggugat kalau kemudian beberapa dari kawan-kawan saya yang memilih mundur teratur, lari dengan langkah seribu, atau tanpa pamit. Alasan tidak punya waktu, tidak dapat ijin kekasih, atau memang tanpa alasan sudah biasa saya dengar hampir tiga tahun ini.

Kadang, saya ingin bantah semua alasan itu. Saya, teman-teman lain yang masih mau ikut urus, bahkan orang lain yang bantu walau dari jarak jauh/bukan bantu tenaga juga sibuk. Tapi bukan menyalahkan waktu. Kembali lagi, itu pribadi masing-masing. Saya hargai mereka yang mau bantu. Tapi lama kelamaan, semakin berkurang. Saya kehilangan sahabat perjuangan. Sakitnya seperti patah hati.

Memang tidak bisa dipaksakan.

Ini bukan sekedar impian saya, teman-teman yang peduli saja. Tapi tanggungjawab kita kepada orang lain yang membutuhkan.

Posted in Catatan Ku, Event, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

Buka Bersama SeBUAI & Adik-Adik SMP Al-Ihsan, Babelan

Ngabuburit dan Buka Puasa bareng SeBUAI. Ada penampilan Marawis dari Adik-Adik SMP Al-Ihsan, Babelan. Diskusi buku “Aku & Cita-Cita”, penayangan video kegiatan SeBUAI, dan masih banyak lagi.

HTM hanya Rp 50.000,- . Buat teman-teman yang mau kasih donasi lebih,boleh kok. Yang mau nyumbang buku,alat tulis,baju dan sebagainya juga boleh 🙂

Hari Minggu, 12 Agustus 2012 mulai jam 16.00 di Resto Sami Kuring, Cikarang

See you there yaaaaaaaaaaaaaa

Posted in Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli

23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional, bermula dari gagasan Presiden Soeharto (Alm) yang melihat bahwa anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Kemudian di tahun 1984 dikeluarkanlah Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984 tentang peringatan Hari Anak Nasional.

Ya, anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Generasi penerus negeri ini. Walaupun nyatanya, saat ini banyak anak-anak yang belum sepenuhnya merasakan kemerdekaan dan hak-hak yang seharusnya mereka dapat.

Selamat Hari Anak Nasional. Semoga anak-anak Indonesia mendapatkan hak pendidikan,kesehatan dan kehidupan yang layak dan merata. Semoga anak-anak Indonesia tetap semangat dan terus tersenyum menyongsong masa depan. #sebuaipedulianakIndonesia

Posted in Catatan Ku, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

SeBUAI, Tanggungjawab dan Impian

Tergerak buat nulis ini karena beberapa temen masih ada yang nanya “SeBUAI itu apa?” “SeBUAI ngapain aja?”. Sebenernya bisa sih buka web SeBUAI. Tapi berhubung masih underconstruction, jadi belum bisa kasih info apa-apa disana. So, SeBUAI itu apa?Ngapain aja?

SeBUAI, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia adalah komunitas independen yang fokus untuk pendirian rumah baca / perpustakaan untuk anak-anak yang ngga mampu. SeBUAI lahir 9 Januari 2010 atas inisiatif Adyanti Rahmarina (sayaaaa 🙂 ) yang kemudian dibantu Arief Syafrullah & Bapak M. Harun Al Rasyid mengumpulkan teman-teman yang peduli untuk mulai bergerak. Saat itu,kami mengumpulkan buku dari event ke event. Kami survey tempat keliling bekasi.

Dalam dua tahun perjalanan SeBUAI, kami mengasuh adik-adik di Kampung Bulak, Bekasi Timur yang jumlahnya 200an anak, Komunitas Pinggir Kali di Proyek, Bekasi yang masyarakatnya kompleks, Sekolah Alam Tunas Mulia di Sumur Batu,Bantar Gebang yang kehidupannya di dominasi para pemulung & pengumpul sampah, dan SMP Al-Ihsan,Babelan yang minim fasilitas umum.

Pada awalnya, kami mengumpulkan buku, mendistribusikannya,selesai. Tapi ternyata, kegiatan ini ngga bisa hanya sebatas itu. Kami terseret lebih jauh. Mau tidak mau, kami dihadapkan pada masalah sosial, psikologi dan membuat kami jadi banyak belajar. Tidak hanya sekedar memberikan buku. Tapi bagaimana kami bisa menstimulus anak-anak untuk timbul minat baca. Bagaimana kami bisa menumbuhkan motivasi belajar & berprestasi bagi mereka. Bagaimana kami harus membantu menumbuhkan kepercayaan diri bagi mereka untuk terus fight walaupun keadaan mereka serba kekurangan.

Berinteraksi dengan anak-anak dari kalangan marginal. Melihat mereka yang malu-malu. Melihat mereka tertawa. Melihat mereka kagum ketika ada hal yang tidak biasa. That’s an amazing moment. Dan pada akhirnya, SeBUAI bukan hanya menjadi kegiatan biasa. SeBUAI menjadi tanggung jawab dan impian bagi saya dan teman-teman yang peduli. Tanggung jawab untuk membantu adik-adik yang kekurangan ini melihat dunia, Impian kami untuk terus berbuat dan berbagi.

Kami sadar, kami ngga bisa melakukan ini sendirian. Maka dari itu,kami sedang menyebarkan virus ini ke banyak orang, agar semakin banyak yang pedulu dan mau bergerak. Agar terjadi regenerasi. Sehingga, ketika nanti kami sudah tidak ada, masih banyak yang terus bergerak.

Bersama teman-teman UIN Syarifhidayatullah di tempat KKN Kampung Lokapurna, Gunung Salak
SeBUAI Book Launching
After Sharing di PKBM, Depok
Teaching : Wash Hands
Bersama Ibu Bupati Bekasi
Komunitas Pinggir Kali Proyek, Bekasi

Posted in Catatan Ku, Event, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

SeBUAI Goes to Kampung Lokapurna, Bogor

 

Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu dateng juga. Jumat malam, Tim SeBUAI (Adyanti, Milanda, Meinisa, Fandi, Mas Wida) berangkat dari Bekasi jam setengah 9 malam. Sampai Bogor jam setengah 11 malam, dan bergabung juga Ka Rully. Perjalanan dari Terminal Baranangsiang Bogor dilanjutkan ke daerah Pamijahan, Gunung Salak Endah. Jam 12 kurang 15, tengah malam, kami sampai di pertigaan Cibatok. Teman-teman Mahasiswa UIN Syarifhidayatullah yang di pimpin Ahmad Marzuki menjemput kami dengan sepeda motor karena sudah nggak ada angkot ke atas.

Perjalanan dari pertigaan Cibatok ke lokasi Desa Lokapurna memakan waktu 45 menit! Malam, dingin, angin kencang, suasana pedesaan yang khas bikin rasa capek dan kantuk kami hilang. Sampailah kami di lokasi, kami tinggal di rumah Pak H. Udin bareng teman-teman UIN Syarifhidayatullah. Teman-teman ini sedang KKN selama 1 bulan. Teh manis hangat & roti bakar menemani kami ngobrol-ngobrol sampai dini hari.

Pagi harinya, kami jalan-jalan keliling tempat kami menginap. Keren. Pemandangan alam yang Subhanallah……………ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sayang, foto-fotonya belum semua di upload 😦

Jam 9,kami mulai kegiatan dengan anak-anak disana. Kami sharing tentang “Pengenalan Diri” & Indonesia Berpikir Positif. Antusiasme anak-anak perlu diacungi jempol. Interaksi dengan mereka sangat menyenangkan. Kami juga mengajak mereka main games di lapangan. Aduh, seneng banget rasanya liat mereka ketawa, gembira. Anak-anak ini ngga ada capeknya. Walaupun diluar panas.

Terima kasih teman-teman dari UIN Syarifhidayatullah, Ciputat atas undangannya untuk SeBUAI. Terima kasih adik-adik kampung Lokapurna untuk keceriaannya. Terima kasih Tim SeBUAI untuk kerjasama & kebersamaannya. Semoga semangat & kebersamaan ini bisa terus kita jaga.

Posted in Catatan Ku, Event, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

The Day : SeBUAI Book Launching

 

Finally….satu kata ketika tanggal 30 akhirnya tiba. L E G A. Alhamdulillah semua berjalan lancar……walaupun masih banyak kekurangan disana-sini,tapi seneng bisa ngedatengin adik-adik SMP Al-Ihsan,Babelan ke Cikarang & ngeliat wajah-wajah sumringah mereka.

Ngga kalah seru, Mas Wahid juga hadir,jauh-jauh dari Kalimantan.

 

Terima Kasih Kak Ardi & Kak Jul yang sudah hadir. Makasih juga Pak Harun.

 

Terima Kasih Mba Endah yang juga menyempatkan hadir.

 

Terima Kasih Tim 🙂

 

 

 

Terima Kasih C.A.D Solusi Cetak, Mas Bara, Restoran Sami Kuring, Mas Wisnu, PDAM dan semua pihak yang telah membantu.

Posted in Catatan Ku, Daily Activity, Event, Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia, Social Activity

Kopdar, Berbagi, Beramal

 

 

Paket Lengkap di acara SeBUAI Open Donation & Book Launching. Acara yang akan diadakan di Resto Samikuring, Cikarang jam 09.00 WIB ini di spolnsori oleh PDAM Bekasi, C.A.D Solusi Cetak, Resto Samikuring & Nulisbuku.

Acara ini akan dihadiri oleh teman-teman yang selama ini mendukung & membantu SeBUAI, komunitas-komunitas & yang pasti Tim SeBUAI. Paket lengkap kan? Kopdar, Sharing tentang Buku “Aku dan Cita-Cita”, dan beramal. Karena hasil penjualan buku 100% akan digunakan untuk donasi.

Temen-temen yang mau nyumbang buku tulis, alat tulis, peralatan sekolah, alat sholat untuk adik-adik di SMP Al-Ihsan, Babelan juga bisa. Dateng aja langsung ya.

More Info : 082110526134